Cigarette

Minggu, 05 Oktober 2014

TATA TULIS PENYUSUNAN TUGAS AKHIR

Panduan Menulis Tugas Akhir

Tugas Akhir
 
Tugas akhir adalah suatu karya ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri yang materinya diperoleh melalui Praktek Kerja Lapangan di Perusahaan/Instansi atau Studi Literatur.
 
Tugas Akhir tersebut diselesaikan pada akhir Pendidikan, ditulis dalam bentuk karya ilmiah, dibimbing oleh dosen dan dipresentasikan dihadapan dosen penguji.
Tujuan pelaksanaan Tugas Akhir adalah sebagai berikut:
  1. Untuk membentuk mahasiswa yang memiliki sikap mandiri dengan mental yang kokoh.
  2. Untuk membentuk mahasiswa yang mampu mengidentifikasi suatu permasalahan dalam bidang keahlian/bidang studi tertentu, merumuskan dan memecahkan secara sistematis, logis, kritis, kreatif dan berbobot.
  3. Mahasiswa mampu mempresentasekan dan mempertahankan hasil karya tulis dalam forum ujian lisan dihadapan dosen penguji.

Bagian Depan Tugas Akhir

1.Kulit Luar
  • Untuk Ujian
Jenis kulit luar (cover) halaman depan                    : Plastik Transparan
Jenis kulit luar halaman belakang                           : Kertas Jeruk
Jurusan Manajemen Informatika                            : Warna merah maron
Jurusan Teknik Informatika                                    : Warna kuning gading
  •   Setelah Ujian
Tugas Akhir dijilid lux sesuai dengan warna di atas

2. Lembar judul

Berisi judul tugas akhir, nama, NPM, Logo Lembaga, jurusan, nama lembaga dan tahun.
JUDUL,
Terdiri dari beberapa perkataan padat (diawali dengan kata perancangan, sistem, pengolahan, aplikasi, pembuatan).

Contoh:
  1. Sistem Informasi Penggajian Karyawan AMIK MBP Medan
  2. Perancangan Sistem Pembayaran Uang Kuliah Pada AMIK MBP Medan
  3. Pengolahan Data Nilai Mahasiswa AMIK MBP Medan.
  4. Aplikasi Grafis dalam pembuatan Game
  5. Pembuatan Sistem Peminjaman buku pada Perpustakaan Umum Medan.

3. Spesifikasi Tugas Akhir

Lembar persetujuan dari dosen pembimbing dan ketua jurusan masing-masing mengenai judul Tugas Akhir, fokus kajian, tanggal dimulai dan tanggal selesai.

4. Lembar persetujuan

Lembar persetujuan untuk pengajuan mengikuti ujian Tugas Akhir oleh tim penguji dan Ketua Jurusan

5. Lembar Pengesahan

Bahwa telah dilakukan ujian Tugas Akhir oleh tim penguji dan Ketua Jurusan.

6. Lembar Pernyataan

Lembar untuk menyatakan bahwa Tugas Akhir yang dibuat adalah benar merupakan karya tulis sendiri.

7. ABSTRAK:

Berisi hasil pengamatan selama melaksanakan PKL, terutama menyangkut permasalahan yang dihadapi oleh pihak perusahaan/instansi. Hal-hal apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut secara singkat dan padat.Dan dijelaskan pula kesimpulan yang didapat dan saran yang akan diberikan. Dari abstrak pembaca dapat mengetahui keseluruhan hasil PKL (isi tugas akhir). Diketik/ditulis dalam 1 spasi.

8. KATA PENGANTAR:

Maksimum 2 halaman, terdiri dari alinea-alinea sebagai berikut:
Alinea 1: Ucapan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Alinea 2: Penjelasasan tentang tujuan penulisan karya ilmiah (TA).
Alinea 3: Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terkait secara melembaga.
Alinea 4: Harapan, kritik dan saran dari berbagai pihak yang bersifat membangun.
Alinea 5: Kalimat Penutup
Alinea 6: Dibagian kanan bawah: Tempat, tanggal, bulan  dan tahun penyusunan, serta nama dan NPM penyusun

9. DAFTAR ISI:

Merupakan bagian-bagian dari laporan dan dapat melihat hubungan yang terjadi antara satu bagian dengan bagian lain. Berisi judul dari masing-masing bab, sub- bab dan seterusnya.

10. DAFTAR GAMBAR DAN TABEL:

Daftar ini dibuat sesuai dengan kebutuhan. Daftar dibuat bila jumlah gambar atau tabel lebih dari 10, dan tidak perlu dibuat bila kurang dari 10 buah.


Bagian Isi Tugas Akhir

BAB 1 PENDAHULUAN:

1.1.Latar belakang masalah: menunjukkan gambaran permasalahan dan mengapa tertarik untuk mengambil topik ini. Contoh judul: Sistem Informasi Perpustakaan AMIK MBP Medan, jelaskan secara ringkas aktivitas yang ada di AMIK MBP, jelaskan secara singkat jumlah mahasiswa, jumlah dosen, jumlah kunjungan dan transaksi perpustakaan. Jelaskan juga proses yang terjadi di perpustakaan, seperti pendaftaran sebagai anggota, proses peminjaman/pengembalian dan pembuatan laporan yang sedang berjalan. Dari uraian yang dibuat temukan akar permasalahan yang terjadi yang menjadi kendala dan jelaskan solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan.

1.2.Rumusan masalah: Pada bagian ini menjelaskan hasil identifikasi permasalahan, yang diperoleh dari latar belakang masalah. Untuk merumuskan masalah dapat dibuat dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan. 

Contoh:
  • Bagaimana proses pengolahan keanggotaan perpustakaan di AMIK MBP Medan dapat dilakukan dengan mudah.
  • Bagaima proses transaksi peminjaman/pengembalian buku dapat dilakukan dengan mudah.
  • Bagaimana pembuatan laporan peminjaman/pengembalian dapat dilakukan dengan mudah.
1.3.Batasan masalah: pada bagian ini menjelaskan ruang lingkup pembahasan yang dilakukan. 

Contoh:
  • Proses pengolahan keanggotaan perpustakaan di AMIK MBP Medan.
  • Proses transaksi peminjaman/pengembalian buku.
  • Pembuatan laporan peminjaman/pengembalian buku.
1.4.Tujuan dan manfaat studi:

Tujuan: Jelaskan tujuan penulisan karya ilmiah Tugas Akhir yang berkaitan dengan judul dan latar belakang masalah.

Contoh:
  • Untuk membangun sebuah sistem informasi perpustakaan di AMIK MBP Medan yang dapat menangani keanggotaan, transaksi peminjaman/pengembalian dan pembuatan laporan.
Manfaat: Jelaskan manfaat karya ilmiah Tugas Akhir yang berkaitan dengan judul dan latar belakang masalah setelah rumusan masalah tersebut dicapai.

Contoh:
  • Agar penanganan keanggotaan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
  • Supaya proses transaksi peminjaman/pengembalian buku dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
  • Supaya informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan mudah dan cepat
1.5.Sistematika penulisan: berisi tahapan yang ada dalam tulisan, dibuat secara jelas dan lengkap.

BAB 2 LANDASAN TEORI 

2.1.Landasan Teori

Bagian ini berisi uraian tentang landasan teori yang relevan dengan masalah/objek yang dibahas dalam Tugas Akhir. Menguraikan pendapat orang lain yang berkaitan dengan materi pembahasan dalam rangka mencari solusinya.

Bagian teori tidak dalam bentuk defenisi saja, tetapi diuraikan secara lengkap tentang materi yang memiliki relevansi dengan permasalahan yang dikaji sesuai dengan ruang lingkup yang telah ditentukan.

Pendapat orang lain dapat diperoleh dari berbagai sumber informasi/data, seperti text book, majalah ilmiah atau internet. Sumber pendapat tersebut harus dinyatakan dengan jelas pada tulisan sesuai dengan teknik pengutipan.

2.2.Konseptual


Bagian ini berisi tentang konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji dalam mencari solusi. Secara konsep dijelaskan langkah-langkah yang ditempuh untuk pemecahan masalah. Dinyatakan dengan jelas prinsip-prinsip yang dilakukan untuk memecahkan masalah yang dipilih.

BAB 3 SISTEM INFORMASI (TEMPAT PKL)

Bagian ini berisi tentang informasi umum yang telah ada pada suatu perusahaan/institusi.

3.1.Gambaran Umum Perusahaan

Dalam hal ini uraikan gambaran umum tentang hal yang dilakukan. Bila topik yang dipilih berada pada suatu perusahaan, maka uraikan secara singkat tentang perusahaan (tempat PKL), jelaskan tugas pokok dari perusahaan tersebut hingga diperoleh gambaran tentang topik yang anda pilih sebagai Judul Tugas Akhir. Jika judul tugas akhir yang anda buat menyangkut Pembuatan Perangkat Lunak yang tidak berhubungan dengan perusahaan, maka judul bagian ini dapat anda buat Gambaran Umum Sistem…

3.1.1.Struktur organisasi Perusahaan

Bagian ini menguraikan hubungan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain dan jelaskan fungsi dan tugas-tugas pokok dari setiap bagian.

3.1.2.Sistem Informasi Perusahaan

Bagian ini berisi kondisi sistem informasi yang telah ada pada suatu perusahaan.Bagian ini juga berisi identifikasi dan analisis masalah sebagai dasar untuk melakukan tahapan berikutnya.
  1. Identifikasi masalah
Identifikasikan/jelaskan permasalahan yang ditemukan pada sistem yang sedang berjalan.

Contoh: 
  • Sulitnya mendapatkan informasi transaksi peminjaman/pengembalian buku pada perpustakaan AMIK MBP Medan. 
  • Sulitnya mendapatkan informasi buku yang paling banyak dipinjamkan. 
  • Sulitnya mendapatkan informasi buku yang sedang dipinjamkan.
b.  Analisis masalah 

Menjelaskan kenapa terjadi permasalahan dan solusi permasalahan (pemecahan masalah).

Contoh :

Setiap transaksi harus dilakukan rekapitulasi dari buku transaksi untuk itu dibutuhkan sebuah sistem informasi yang berbasis komputer. 

3.2.Pengumpulan data

Jelaskan cara pengumpulan data yang dibutuhkan. Data dikumpulkan menggunakan cara tertentu sesuai dengan masalah yang dibahas. Juga dicantumkan waktu kegiatan dilaksanakan.

BAB 4 PERANCANGAN SISTEM….

Dalam hal ini nama bab disesuaikan dengan topik yang dibahas. Pembahasan yang dimaksud harus disesuaikan dengan kemampuan dan waktu studi mahasiswa pada program pendidikan Diploma-3.

4.1 Diagram Alir Data

Bagian ini menjelaskan/menggambarkan arus data yang masuk kedalam sistem informasi, proses dan output yang dihasilkan.

4.2 Basis Data (Data Base) dan Relasi antar Tabel

Bagian ini menjelaskan database dan struktul tabel yang digunakan untuk menyimpan data serta hubungan masing-masing tabel.

4.3 Desain Antar Muka

4.3.1 Menu Utama

Bagian ini menjelaskan /menggambarkan desain menu utama sistem informasi yang akan dibuat.

4.3.2 Masukan (input)

Bagian ini menjelaskan/menggambarkan desain input data pada sistem informasi  yang akan dibuat.

4.3.3 Keluaran (output)

Bagian ini menjelaskan/menggambarkan desain output data pada sistem informasi yang akan dibuat.

4.4 Diagram Alir (Flow Chart) Program

Bagian ini menjelaskan/menggambarkan diagram alir dari suatu program.

4.5 Program Pengkodean (Listing/Cooding Program)

Bagian ini adalah program pengkodean yang digunakan untuk membangun sistem informasi.

4.6 Hasil Program

Bagian ini adalah menampilkan hasil program yang diinginkan terutama untuk mengatasi permasalahan sesuai dengan perumusan masalah.

4.7 Spesifikasi Program

Bagian ini menjelaskan spesifikasi program yang digunakan saat implementasi yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan perangkat manusia.

4.8 Prosedur Penggunaan Program

Bagian ini menjelaskan penggunaan program secara manual.

BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan, bagian ini menjelaskan kesimpulan yang diperoleh dengan adanya sistem informasi. Penjelasan dapat dibuat berkaitan dengan jawaban rumusan masalah. Kemungkinan dapat terjadi kesalahan atau penyimpangan, jelaskan apa penyebabnya dan bagaimana penanggulangannya. 

5.2 Saran, menjelaskan saran-saran yang diharapkan terhadap penggunaan sistem informasi demi kenyamanan pemakaian sistem dan demi pengembangan sistem dikemudian hari.

C. Bagian Belakang

DAFTAR PUSTAKA

Bagian ini adalah untuk mencantumkan semua Referensi yang digunakan,text book, majalah ilmiah, website-internet dan lain-lain. Gelar akademik pengarang tidak perlu dicantumkan.
Formatnya sebagai berikut:

Nama pengarang (diawali nama keluarga),Judul Buku,Edisi, Penerbit, Kota terbit, Tahun terbit
Jarak pengetikan antara buku/referensi yang satu dengan yang lain, 2 spasi. Bila penulisan satu referensi lebih dari satu baris, maka untuk baris berikutnya diberi tab 10 spasi, dan pengetikannya dalam satu spasi. 

Contoh:

Sidabutar Partogi, Pemograman Database dengan Visual Basic 6,0,    Edisi3,PT.Elex Media Komputindo, Jakarta, 2003
10 Char
Pardosi Mico, Belajar Sendiri Visual Basic 6.0, Edisi 1, CV Dua Selaras, Surabaya, 2007
Dermawan Triyono, http://www.amikmbp.ac.id/ Pengertian- Informasi.html diakses 10 Februari 2010

BERITA ACARA BIMBINGAN
DAFTAR RIWAYAT HIDUP

LAMPIRAN

Halaman ini berupa informasi penting yang ada hubungannya dengan pembuatan sistem informasi yang terdiri dari Lampiran-1, Lampiran-2 dst…sesuai dengan urutan fungsi penggunaannya.

PENULISAN TUGAS AKHIR

Format Kertas
  • Jenis kertas/berat       : HVS/80 gr 
  • Ukuran                        : Kwarto 
  • Margin Kiri                 : 4,0 cm 
  • Margin Atas               : 3,0 cm 
  • Margin Kanan            : 2,5 cm 
  • Margin Bawah           : 2,5 cm

B. Pengetikan

Naskah/teks diketik dalam spasi ganda atau 2 spasi, tetapi untuk Listing Program diketik dalam satu spasi. Huruf miring (italic) digunakan untuk penulisan istilah asing.Huruf tebal (bold) untuk menegaskan istilah tertentu dan untuk menuliskan judul buku, bab, sub bab. Dalam pengetikan ditentukan jenis dan ukuran huruf:

  1. 1. Jenis huruf (font)                   : Times New Roman
  1. 2. Ukuran huruf (font size),  
    1. a. naskah                              : 12 (cetak normal)
    2. b. Judul bab dan sub bab     : 12  (cetak tebal/bold)
    3. 3.      Spasi, 
      1. a. Naskah (teks) normal                       : 2,0 spasi
      2. b. Program, kutipan >3, abstrak          : 1,0 spasi
      3. 4. Model penulisan rata kanan dan rata kiri, tab 6 karakter(1cm)
      4. 5. Jarak pengetikan
        1. a. Judul bab dengan teks/ sub-judul   : 4 spasi
        2. b. Alinea dengan alinea                      : 3 spasi
        3. c. Sub-bab dengan alinea                   : 2 spasi
Penomoran  Bab dan sub bab

Nomor bab,  menggunakan angka biasa 1, 2, 3 dst yang ditempatkan ditengah pada baris pertama. Nomor sub-bab, menggunakan angka yang ditempatkan paling kiri sesuai dengan tingkatannya atau bagiannya (perhatikan format TA).

  1. Penomoran halaman, dilakukan sebagai berikut;
  1. a. Penomoran halaman pada bagian depan ditulis dengan angka Rumawi kecil i, ii, iii, iv dst.
  2. b. Penomoran halaman pada bagian isi ditulis dengan angka 1, 2, 3 dst.
  3. c.Posisi nomor halaman pada halaman bab diletakkan pada bagian bawah tengah 1,5 cm dari bawah, sedangkan halaman naskah lanjutan diletakkan pada bagian atas kanan 1,5 cm dari atas dan 2,5 cm dari kanan.
  4. d.Penomoran halaman pada daftar Pustaka merupakan sambungan dari penomoran halaman pada bagian isi.
  5. e.Khusus halaman Lampiran tidak diberi nomor halaman, tetapi harus diberi nomor lampiran.
  1. Cara Penulisan kutipan
Kutipan dibuat sesuai dengan teks aslinya dan diketik dalam 2 spasi jika kutipan ≤ 3 baris, jika lebih dari 3 baris di buat 1 spasi. Kutipan dibuat dengan mencantumkan nama pengarang (tahun terbit: no. halaman). Contoh:
  1. a. Referensi yang terdapat pada awal suatu kalimat.
            Achmad (2008:66) menyatakan bahwa sistem adalah….
            Menurut Achmad (2008:66), sistem adalah……..
  1. b. Referensi yang terdapat pada pertengahan suatu kalimat.
            Untuk melakukan perubahan kurikulum , Sukmadinata            (2004:11) menyarankan agar ……..
  1. c. Referensi yang terdapat pada akhir suatu kalimat.
            Oleh karena itu, pendidikan komunikasi pada awalnya identik dengan kedua bidang ini,Regina (2003:5)./ (Regina, 2003:5).
  1. Referensi yang diperoleh dari website
Informasi adalah…………………………………….(Dermawan Triyono, http://www.amikmbp.ac.id/ Pengertian- Informasi.html diakses 10 Februari 2010)

  1. Penomoran Gambar dan Tabel
  1. 1. Penomoran gambar diletakkan di bagian bawah gambar posisi tengah (centring). Nomor dimulai dengan angka nomor BAB, dan nomor urut gambar pada BAB tersebut.
Contoh:
  1. 2. Penomoran Tabel diletakkan dibagian atas tabel posisi kiri, nomor dimulai dengan angka BAB dan nomor urut tabel pada BAB tersebut.
Contoh:

Tabel 4.1 Mahasiswa
Nama Field
Tipe
Ukuran
Keterangan
Nama
Text
25
Nama mahasiswa
Alamat
Text
25
Alamat mahasiswa
Tempat_lhr
Text
25
Tempat Lahir
Tanggal_lhr
Date
8
Tanggal Lahir
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar